bkkbn-diy-gelar-sosialisasi-dan-pembekalan-bagi-para-penyuluh-agama-di-yogyakarta
Surabaya Kota, Yogyakarta – Dihadapan Kepala BKKBN Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) dan lebih dari 300 penyuluh agama Ustadz Wijayanto menyampaikan bahwa problem umum bangsa Indonesia adalah rendahnya literasi, sistem sosial paternalistik, dan budaya lesan.

bkkbn-diy-gelar-sosialisasi-dan-pembekalan-bagi-para-penyuluh-agama-di-yogyakartaDalam masyarakat yang demikian sistem panutan menjadi syarat perubahan, maka peran pemuka masyarakat sangatlah menentukan dalam mengajak kepada perubahan ke arah yang lebih baik. Dalam hal demikian maka peran penyuluh agama sangatlah penting. Demikan disampaikan Ustadz Wijayanto di Ballroom Hotel Sahid Jaya, Rabu, 30/11/2022. Acara ini bertajuk Sosialisasi Dan Pembekalan Bagi Para Penyuluh Agama Dalam Percepatan Penurunan Stunting Di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terlebih lagi masyarakat kita memiliki tiga kelemahan, yaitu malas berfikir, tidak fokus, dan gampang terpengaruh, demikian dikatakan Ustadz Wijayanto.
Katanya, “Maka generasi berikutnya akan sangat tergantung kepada pendahulu atau tokoh panutannya untuk bisa berubah.”
Tokoh pendahulu atau panutan itu bisa orang tua atau para pemuka masyarakat, di dalamnya termasuk dan terutama para Penyuluh Agama.

Mengutip Ayat Al Quran, Ustadz mengingatkan bahwa kita janganlah menghasilkan generasi penerus yang lemah
“Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar (QS. An-Nisa’ Ayat 9).”
Jadi merupakan dosa besar kalau kita mengabaikan upaya pencegahan stunting, karena stunting akan menghasilkan generasi penerus yang lemah dan kurang produktif.

bkkbn-diy-gelar-sosialisasi-dan-pembekalan-bagi-para-penyuluh-agama-di-yogyakartaTerkait upaya menciptakan generasi penerus yang kuat, Ustadz juga mengingatkan pentingnya menyusui anak agar anak sehat dan bebas stunting. Hal ini diamanatkan dalam Al Quran, “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan (Al Baqarah Ayat 233).”