Ketika Ferdiansyah butuh dana dan hendak menjual rumah tersebut, ia bersama kakak kandungnya, dan calon pembeli datang ke bank BRI Syariah Gresik untuk melunasi angsuran dan mengambil sertifikat, tapi alangkah kagetnya bahwa rumahnya telah dilelang oleh bank.

lapor-ke-ditreskrimsus-dan-ditreskrimum-polda-jatim-ferdiansyah-merasa-tak-dapat-keadilan“Saya baru tau kalau nunggak 4 bulan karena uang yang saya titipkan ke istri tidak dibayarkan, dan rumah sudah dilelang dengan harga Rp. 600 juta. Padahal saya tidak pernah dikirimi surat pemberitahuan lelang,” ujarnya.

Ketika di bank BRI, Ferdiansyah meminta buku tabungan yang selama ini tidak pernah dikasihkan oleh bank.

“Saya baru tahu ketika dapat buku rekening bank dan rekening koran. Ternyata sebelum dana sebesar Rp 600 juta dicairkan ke rekening saya, ada dana sudah masuk sebesar Rp 40 juta. Dan yang membuat saya heran, saya tidak pernah tandatangan pembukaan buku rekening bank, tapi kenapa sudah ada buku rekening tabungan atas nama saya, dan sudah ada isi awal Rp 40 jutaan,” terangnya.

Untuk mencari keadilan, akhirnya Ferdiansyah mengambil beberapa upaya hukum, upaya hukum pertama dilakukan pada 20 September 2019, dengan melakukan laporan informasi ke Polda Jatim, dengan terlapor pimpinan Bank BRI Syariah Gresik. Saat itu, Ferdiansyah dimintai keterangan oleh penyidik Unit II Udpal Subdit II perbankan Ditreskrimsus Polda Jatim, Aiptu  Suyono SH., M.H.

“Bukti sudah diserahkan semua, seperti buku rekening yang tidak pernah saya buat tapi ada buku rekeningnya, tandatangan saya dipalsukan saat pembukaan buku rekening, print out rekening koran tidak sesuai dengan buku rekening tabungan,” ujar Ferdiansyah.

Pada proses pelaporan informasi, Ferdiansyah merasa ada yang janggal yang dilakukan penyidik. Dia ditawari penyidik uang kerugian.

“Saya ada tekanan dari penyidik. Saya disuruh bicara sekeras mungkin permintaan penggantian kerugian Rp 400 juta, dengan direkam dan di video mengunakan HP penyidik, dan disaksikan anggota polisi lainnya diruangan penyidik. Dan para polisi yang mendengar suara saya mengucapkan alhamdulilah,” terangnya.