Indonesia Incorporated

Presiden Jokowi juga memandang penting kolaborasi antara pelaku UMKM dan usaha besar untuk bersama-sama membangun Indonesia incorporated. Presiden Jokowi meyakini, persoalan yang dihadapi Indonesia, bahkan dunia, di saat ini, akan mampu terselesaikan bila semua unsur turut bergerak dalam pembangunan ekonomi nasional.

“Kalau ini kuat betul. Kita bisa bersatu, kita kompak, seperti saat kita menangani pandemi sampai ke tingkat daerah dan RT, semuanya bergerak. Ini akan cepat menyelesaikan masalah-masalah yang kita hadapi,” tandas Presiden Jokowi.

Tak dipungkiri, ini bukan pertama kali Presiden Jokowi mengingatkan pentingnya akselerasi belanja produk lokal. Bahkan, Kepala Negara sempat menyinggung isu reshuffle bagi pimpinan kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah (pemda) yang belanja anggarannya justru digunakan untuk membeli barang impor.

Dalam rangka lebih mempertegas seruan untuk membeli produk dalam negeri terutama pelaku kelas UKM, Kepala Negara pun telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 2/2022. Salah satu poin dalam beleid itu adalah instruksi agar paling sedikit 40 persen dari anggaran belanja barang/jasa diperuntukkan bagi produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dari hasil produksi dalam negeri.