Sindikat Post ,  Jakarta Pembelian produk dalam negeri bakal mengerek kapasitas UMKM dan ujungnya menguatkan ekonomi domestik.

Di tengah ancaman terjadinya resesi, ajakan Presiden Joko Widodo kepada kementerian/lembaga, pemda, dan BUMN agar senantiasa memegang komitmen untuk melakukan pembelian produk dalam negeri, menjadi sebuah ajakan yang tepat. Ajakan tersebut bahkan diyakini dapat mengerek kapasitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), yang ujungnya mampu menciptakan penguatan ekonomi domestik.

pembelian-produk-dalam-negeri-bakal-mengerek-kapasitas-umkm-dan-ujungnya-menguatka

Ajakan itu sendiri dilontarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berbicara dalam acara BNI Investor Daily Summit 2022, Selasa (11/10/2022). Kepala Negara mendorong pengadaan barang produksi domestik untuk keperluan pemerintah.

“Tujuannya agar perputaran uang di dalam negeri meningkat dalam rangka menghadapi ketidakpastian global,” ujar Presiden Jokowi.

Dari catatan Presiden Jokowi, kini mayoritas pengadaan barang yang dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan perusahaan pelat merah berasal dari pasar impor. Akibatnya, perputaran uang di dalam negeri berkurang.

Padahal, tambah Presiden Jokowi, pemerintah melalui kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan BUMN telah berkomitmen untuk pembelian produk dalam negeri. Kepala Negara meyakini, jika anggaran tersebut dapat terealisasi 100 persen, maka kapasitas produksi UMKM akan meningkat.