Sindikat Post, Jakarta – Biofarma telah memproduksi IndoVac, vaksin lokal pertama Covid-19. KIPI-nya rendah, efikasinya tinggi. Izin penggunaan daruratnya sudah dikeluarkan Badan POM. Dijamin halal.

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo, Kamis (13/10/2022) pagi, ke unit (instalasi) produksi vaksin PT Biofarma, di Jl Pasteur, Bandung, didampingi sejumlah menteri dan pejabat daerah, adalah untuk meresmikan peluncuran IndoVac, satu vaksin baru berplaform rekombinan protein, yang diproduksi PT Biofarma. IndoVac halal dan siap dakanigun.

biofarma-telah-produksi-indovac

PT Biofarma adalah spesialis vaksin, serum, dan dalam jumlah terbatas reagen untuk perkakas yang berkelas molekuler seperti PCR. Sebagai produsen vaksin, pengalamannya sudah puluhan tahun, dan kini memproduksi belasan jenis vaksin. Benih (seed) vaksin umumnya dikembangkan bersama mitra asing. Biofarma menangani reproduksi seed, melakukan pengujian, mengemas, memproduksi, dan mengedarkannya.

‘’Banyak orang yang tidak tahu, belum tahu, bahwa Biofarma ini dalam setahun bisa memproduksi 3 miliar dosis vaksin dan diekspor ke-153 negara. Biofarma masuk sebagai produsen vaksin lima besar dunia, yang memproduksi bermacam-macam vaksin. Ada vaksin polio, difteri, meningitis, flu, campak, dan yang terakhir yang diresmikan pada hari ini adalah vaksin Covid-19 dan diberi nama IndoVac,’’ kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Untuk vaksin polio, kata Presiden Jokowi, produk PT Biofarma (Persero) dapat menguasai 70 persen dari pangsa pasar dunia. ‘’Kita menyuplai vaksin polio ke seluruh negara. Ini luar biasa,’’ kata Presiden Jokowi menambahkan.