Bapak Asuh Anak Stunting Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo mengatakan stunting menjadi masalah gizi kronis suboptimal nutritional. “Tepat sekali pada momentum ini dilakukan pelayanan kontrasepsi karena jarak kelahiran anak sangat berkaitan erat dengan stunting. Bahkan hasil riset menunjukkan tidak hanya stunting yang berkorelasi dengan birth to birth interval tapi berkorelasi juga dengan autisme. Ketika anak belum cukup dewasa, anak belum lebih dari 3 tahun sudah ada adiknya, perhatian orang tua terbagi sehingga anak mendapatkan parenting yang kurang sempurna. Kami berterimakasih kepada Pangdam dan jajarannya yang telah melaksanakan layanan kontrasepsi dan perhatiannya terhadap stunting yang luar biasa,” kata Hasto.

Menurut Hasto, selain suboptimal nutritional dan suboptimal health yang menyebabkan stunting parenting juga menjadi faktor penting sehingga pernikahan usia muda memicu terjadinya perceraian, itu juga menjadikan parenting tidak sempurna sehingga anak kurang mendapatkan perhatian yang optimal.

“Kita patut prihatin karena tahun 2015 perceraian di Indonesia mencapai 350 ribu setahun dan tahun 2021 meningkat menjadi 580 ribu, ada peningkatan signifikan. Karena keluarga muda yang belum siap dan memicu konflik berkepanjangan. Selain ancaman terhadap lahirnya anak-anak stunting hal ini juga bisa menimbulkan mental emotional disorder, untuk itu parenting perlu perhatian secara serius,” terang Hasto.