Kaper BKKBN Jatim
Surabaya Kota, Probolinggo – Kaper BKKBN Jatim Dra. Maria Ernawati, MM., memenuhi undangan Plt. Bapak Bupati Probolinggo, Drs. HA. Timbul Prihanjoko untuk menghadiri Rakerda TPPS dalam rangka Kegiatan Audit Kasus Stunting Tingkat Kabupaten Probolinggo. Kamis (30/06/2022).
Dalam kegiatan audit stunting, Bu Erna panggilan akrab Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Jawa Timur diminta untuk memberikan arahan mengenai upaya pencegahan agar tidak terjadi kasus stunting di Kabupaten Probolinggo.

Kaper BKKBN JatimHadir pula dalam kegiatan ini yaitu Ketua DPRD Kab. Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Sekda Kab. Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono, Ketua Tim Penggerak PKK Kab Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Ketua TPPS se Kabupaten Probolinggo, Kepala DP3AKB Kab.Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto, Forkopimda Kab Probolinggo, Tim Satgas Stunting Kab Probolinggo, Tim Audit Stunting Kab Probolinggo dan IDI, IBI, Persagi, PPNI, PKB.

Tahun 2021 ini BKKBN mendapatkan mandat baru dari Bapak Presiden RI yaitu sebagai ketua pelaksana Percepatan Penurunan Stunting, hal ini menjadi tantangan bagi BKKBN untuk dapat menurunkan angka stunting pada tahun 2020-2024 rata-rata sebesar 2.5% setiap tahunnya dari 24.1% pada tahun 2020 menjadi 14% pada tahun 2024.

Hal ini diperkuat dengan turunnya Perpres 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, yang telah ditetapkan 5 (lima) strategi Nasional dalam Percepatan Penurunan Stunting adalah Peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan di kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa, Peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan Pemberdayaan Masyarakat, Peningkatan Konvergensi Spesifik dan intervensi sensitive di Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kab/Kota dan Pemerintah Desa, ketahanan, gizi, pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat, dan Penguatan dan pengembangan system, data, informasi, riset dan inovasi.