Dra. Suhartuti, M.M., ketua panitia acara dalam laporannya menerangkan tujuan diadakannya acara yakni Meningkatkan pemahaman dan kompetensi Pembina Saka dan Pamong Saka tentang krida-krida Saka Kencana dalam upaya mensukseskan program Bangga Kenaca di masyarakat khususnya di kalangan remaja.

IMG 20201210 WA0010“Diharapkan dengan kegiatan ini meningkatnya pengetahuan, ketrampilan dan pemahaman Pembina dan Pamong Saka tentang Program Bangga Kencana. Meningkatnya jumlah remaja dan keluarga yang memiliki remaja khususnya di Jawa Timur yang tahu tentang Program GenRe, dan meningkatnya dukungan pemangku kepentingan dan mitra kerja terhadap Program Genre dan Saka Kencana,” pungkas beliau.

IMG 20201210 WA0011Prof. Dr. Suyatno, M.Pd., Waka Kwartir Daerah Jawa Timur, kesempatan itu menjelaskan perlunya Tunas Remaja digaungkan dengan adanya ledakan penduduk, Bonus Demografi. “Perlu Saka Kencana gas poll bergerak. Dan Saka Kencana perlu diikuti para Pramuka,” jelasnya.

IMG 20201210 WA0015“Di Jawa Timur cukup dinamis, penegak Pandega di Jawa Timur beda dengan penegak Pandega lainnya, penegak Pandega di Jawa Timur  punya kekuatan millenial, kekuatan medsos, Dijawa Timur ada media bulanan, bernama Genderang. Bisa Saka Kencana dibuat satu halaman di media Genderang,” ujarnya.

M. Yani, M.Kes, Deputi KS-PK BKKBN serta ketua Kwarnas Saka Kencana, berterimakasih dan apresiasi sangat tinggi kepada perwakilan BKKBN Jawa Timur. “Dalam suasana cukup prihatin, Jawa Timur akhir tahun membuat kegiatan bermanfaat, dan kegiatan ini dilihat di seluruh Indonesia. Mudah-mudaham ditahun 2021 lebih ditingkatkan, gas full. Kehadiran Saka Kencana memberikan nilai positif terhadap program-program BKKBN,” urai beliau.