bkkbn-diy-dan-rskia-sadewa-gelar-pelayanan-kb-mkjp-iud-dan-implant
Surabaya Kota, Sleman – Dalam rangka mendongkrak capaian pelayanan kontrasepsi, BKKBN DIY dan RSKIA Sadewa menggelar pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) IUD dan Implant, Selasa (24/1/2023). Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin, S.H, M.M.,  menyampaikan bahwa pelayanan sengaja dilakukan pada awal tahun untuk mengejar target pelayanan KB.

bkkbn-diy-dan-rskia-sadewa-gelar-pelayanan-kb-mkjp-iud-dan-implant
“Biasanya pada awal tahun perangkat daerah belum terlalu sibuk berkegiatan, sehingga kami dorong untuk bisa melaksanakan pelayanan KB dengan biaya pusat melalui DAK di semua kabupaten kota,” kata Shodiqin.

Sementara itu Koordinator Bidang KBKR Iin Nadzifah Hamid menjelaskan bahwa untuk pelayanan kontrasepsi MKJP BKKBN menanggung pembiayaannya, baik medis maupun biaya penggerakannya. Anggaran itu diberikan oleh BKKBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang KB dan masuk ke dalam APBD kabupaten dan kota.

“Maka kami mendorong pasangan usia subur (PUS) untuk menghubungi puskesmas atau Penyuluh KB yang ada di setiap kapanewon untuk bisa mendapatkan pelayanan KB MKJP secara gratis,” Iin Nadzifah menjelaskan bahwa pelayanan KB MKJP tersebut meliput metode operasi wanita (MOW) atau tubektomi, metode operasi pria (MOP) atau vasektomi, IUD dan implant.