kemendag-dorong-penguatan-kapasitas-pemberdayaan-digitalisasi-umkm
Surabaya Kota, Sulawesi – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan, Kementerian Perdagangan berkomitmen terus mendorong penguatan kapasitas dan pemberdayaan digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).kemendag-dorong-penguatan-kapasitas-pemberdayaan-digitalisasi-umkm

Hal ini disampaikan Wamendag Jerry saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Kebijakan di Bidang Perdagangan Sistem Elektronik (E-Commerce) yang digelar Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (Ditjen PDN) di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Sabtu (3/2/2024).

”Penguatan kapasitas dan pemberdayaan digitalisasi UMKM akan memberikan ruang bagi produk UMKM Indonesia untuk berkembang. Digitalisasi juga sangat bermanfaat bagi pelaku usaha lokal, konsumen, dan perekonomian Indonesia secara keseluruhan. UMKM adalah salah satu pilar pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ekosistemnya harus diperkuat dengan pilar lain, seperti lokapasar (marketplace), ritel modern, dan lembaga pembiayaan,” jelas Wamendag Jerry.

Menurut Wamendag Jerry, UMKM perlu memanfaatkan berbagai platform digital seperti lokapasar dan media sosial untuk optimalisasi bisnis UMKM. Keduanya mampu menguatkan hubungan dan loyalitas dari pelanggan yang sudah dimiliki maupun memperluas peningkatan jumlah pelanggan baru sehingga penjualan produknya dapat meningkat.

Loading