Menurut dr. Yeni, hal yang paling krusial yang dapat dilakukan orangtua untuk dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anaknya di masa 1000 HPK adalah dengan memulainya sejak remaja dan calon pengantin.

Lakukan pemeriksaan sebelum menikah ke puskesmas; Indeks Masa Tubuh, pengukuran lingkar lengan atas, kadar HB, minum tablet tambah darah bila perlu. Ibu hamil cek kehamilannya secara rutin ke dokter/bidan/puskesmas, makan makanan bergizi dan seimbang. Ibu menyusui jangan lupa berikan ASI eksklusif dan stimulasi anak kapan saja dimana saja,” tegasnya.

Sedangkan dari sisi psikologis, Nuril menjelaskan pentingnya orangtua dan anak untuk membangun komunikasi yang positif sejak usia dini agar anak mampu mengembangkan kemampuan tingkah laku sosial dan menolong diri sendiri dengan baik. Salah satunya dengan menciptakan suasana yang nyaman dan aman bagi anak untuk dapat mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya.

Ijinkan anak bermain dengan sebaya dan mengeksplorasi sekitarnya. Bila ada hal-hal atau barang-barang yang berbahaya, beri tahu mereka bahwa itu berbahaya karena dapat melukai mereka atau yang lainnya. Jangan hanya mengatakan tidak dan jangan tanpa alasan yang jelas dan masuk akal.”bkkbn-jatim-gelar-internalisasi-pengasuhan-balita-upaya-percepat-penurunan-stunting-di-kabupaten-nganjuk