Selain itu, yang terpenting dalam kegiatan ini adalah pengenalan Ortom – ortom Muhammadiyah, pengenalan Hizbul Wathon, memberikan bekal PBB (Peraturan Baris Berbaris) untuk pembinaan karakter dan bela negara yang diberikan petugas dari Koramil Gubeng Surabaya, pengenalan safety ridding oleh petugas dari Polsek Gubeng, memberikan wawasan bahaya penggunaan Narkoba oleh petugas BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Surabaya.

Sedangkan untuk outbound ada beberapa permainan, diantaranya, Game Save The Princess (pos berang-berang), panitia menyediakan kawat berbentuk tabung tanpa atap dengan sisi yang memiliki rongga, yang didalamnya diisi dua bola, bola kecil di posisi bawah dan bola besar di posisi atas.

Panitia telah menyiapkan 15 kali 2 sumpit. Peserta diminta mengeluarkan dua bola menggunakan sumpit yang telah diberikan melalui rongga rongga kawat secara bersamaan. Para pemain akan mengambil masing masing dua sumpit dan harus mengeluarkan bola dari jaring jaring.

Waktu yang diberikan 5 Menit, jika peserta dapat menyelesaikan permainan dalam waktu 5 menit maka peserta akan mendapatkan bendera merah, tetapi jika peserta tidak dapat menyelesaikan permainan maka akan mendapatkan bendera hijau.