Sementara itu di Kabupaten Bantul, Penanggung Jawab Bidang Dalduk BKKBN DIY Ita Suryani memimpin monitoring pelaksanaan Pelayanan KB Sejuta Akseptor bersama sejumlah jajarannya, yang ditanggapi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Didik Warsito, Kepala DP3AP2KB Ninik Istitarini di Klinik Bina Sehat, Bangunjiwo Kasihan. Di faskes ini sebanyak 125 akseptor sedang dilayani.

“Pemerintah Kabupaten Bantul saat ini juga tengah menyiapkan penilaian verifikasi lapangan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat nasional, yang penilaiannya dilaksanakan besok pagi” demikian Didik Warsito mengawali sambutannya. Terkait Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Bayi, Pernikahan Dini, dan stunting yang menjadi tinjauan penilaian KLA, tentunya sangat relevan dikaitkan dengan kegiatan Pelayanan KB Sejuta Akseptor. Program Keluarga Berencana dan Kabupaten Layak anak akan saling menguatkan,” imbuh Didik.

Dalam kesempatan monitoring ini Ita Suryani menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada forum pimpinan daerah terutama kepada pimpinan TNI dan POLRI di Kabupaten Bantul yang bersama dengan PKK dan Ikatan Bidan Indonesia telah banyak berperan tidak hanya dalam PSA kali ini saja namun juga dalam Program Bangga Kencana secara keseluruhan.