BKKBN Jatim Giat SOTH dan KKA bagi Kader BKB Jombang
Surabaya Kota, Jombang – Perwakilan BKKBN Jatim bekerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Jombang (DPPKBP3A Jombang), pada hari ini (15/5) melaksanakan pembukaan kegiatan Orientasi Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Kartu Kembang Anak (KKA) bagi Penyuluh KB dan Kader BKB se-Jombang yang bertempat di Gedung PKK Jombang. Kegiatan orientasi ini berlangsung selama dua hari yang diikuti oleh 42 orang, yaitu Penyuluh KB dan Kader BKB dari 21 kecamatan di Jombang.
BKKBN Jatim Giat SOTH dan KKA bagi Kader BKB Jombang

Dalam sambutan yang diberikan, Kepala DPPKB PPPA Jombang, dr. Puji Umbaran, M.KP., menyampaikan bahwa kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) merupakan upaya untuk menjawab tantangan hebat yang dihadapi oleh orang tua zaman sekarang yang tentu berbeda dengan tantangan orang tua zaman dahulu. Puji juga sempat membahas fenomena menyedihkan di Bulan Ramadhan kemarin. Bulan Ramadhan yang harusnya menjadi bulan untuk beribadah bagi umat muslim, tapi tidak ada hari tanpa tawuran dalam tayangan berita di televisi. Remaja sibuk menuruti egonya dibandingkan dengan memperkuat iman dan amalan.

SOTH ini juga berkaitan dengan penyiapan SDM yang unggul di tahun 2045 yang mana Indonesia Emas menjadi salah satu cita-cita bangsa Indonesia.

“Kalau dihitung, kita masih punya 22 tahun menuju tahun 2045. Artinya, anak-anak yang lahir sekarang yang nantinya di usia 20-an adalah pemegang peran penting di tahun 2045. Oleh sebab itu, perlu kita upayakan agar anak-anak kita nantinya adalah SDM yang unggul,” ujar Puji.