“Penilaian kinerja tahunan ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan masukan bagi kabupaten/kota, khususnya yang ditetapkan sebagai lokus stunting. Dan bagi non lokus sebagai bahan pembelajaran (lesson learned) untuk diterapkan dalam upaya percepatan penurunan stunting,” demikian harapan Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Zainal Arifin.

Arti konvergensi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bersifat menuju satu titik pertemuan, bersifat memusat. Konvergensi percepatan penurunan stunting adalah intervensi yang dilakukan secara terkoordinir, terpadu, dan bersama-sama mensasar kelompok sasaran prioritas yang tinggal di desa untuk mencegah stunting. Penyelenggaraan intervensi, baik gizi spesifik maupun gizi sensitif, secara konvergen dilakukan dengan mengintegrasikan dan menyelaraskan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan pencegahan stunting.kaper-bkkbn-diy-harapkan-tim-panelis-bentukan-gubernur-dapat-berikan-penilaian-yang-nyata-dalam-kinerja-tpps-kabupaten-kota

Dalam pelaksanaannya, upaya konvergensi percepatan pencegahan stunting dilakukan mulai pada tahap perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi. Terdapat 8 Aksi Konvergensi yang dilakukan oleh TPPS Kabupaten/Kota dinilai, yang dimulai dari analisis situasi, perencanaan kegiatan, hingga pengukuran dan reviu kinerja tahunan.