kaper-bkkbn-diy-sambut-baik-ayah-genre-diy-tingkat-kalurahan
Surabaya Kota, Yogyakarta – “Saya ini diamanati oleh BKKBN sebagai Ayah Genre DIY, maka saya pun mendorong para Lurah untuk juga memperhatikan pemberdayaan remaja di wilayahnya,” demikian disampaikan Yudanegara pada pertemuan dengan para Lurah yang tergabung dalam Paguyuban Nayantaka. Pertemuan diprakarsai oleh Perwakilan BKKBN DIY bertempat di Resto Ingkung Grobog di kawasan Timoho Kota Yogyakarta, Senin (13/2/2023).
Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan empat kabupaten se-DIY Nayantaka didorong oleh Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Istimewa Yogyakarta KPH Yudanegara untuk mewujudkan pembentukan Duta Generasi Berencana (Duta Genre) di seluruh kalurahan.

https://id.wikipedia.org/wiki/Hambatan_pertumbuhanSelain mengenai pembinaan remaja, Yudanegara juga menekankan pentingnya upaya penurunan stunting. Menurutnya sebagai tingkat pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat, Lurah dituntut menguasai data warganya yang resiko stunting dan mewaspadai faktor yang bisa meningkatkan resiko stunting seperti pernikahan dini di kalangan remaja.

Berbeda dengan Kelurahan di Kota yang merupakan perangkat daerah dan Lurahnya ASN, maka Kalurahan memiliki kewenangan dan otonomi yang lebih luas dalam melaksanakan pemerintahan. Yudanegara mengingatkan bahwa kewenangan dan otonomi tersebut menuntut tanggung jawab penyelenggaraan pemerintahan yang menyejahterakan warganya.