deretan-prestasi-perum-perhutani-kph-jombang-selama-tahun-2022Pada tahun 2021, Perum Perhutani menetapkan KPH Jombang menjadi pilot project program Agroforestry Tebu Mandiri (ATM). Lahan yang digunakan untuk program ATM seluas 387 hektare, yang terletak di Kabupaten Jombang dan Nganjuk.

Guna mendukung keberhasilan program ATM, KPH Jombang melakukan terobosan bersinergi dengan PTPN melalui uji coba pertama pemanfaatan lahan non-produktif, dan hasil produktivitasnya sebanyak 78 ton per hektar, yang menghasilkan pendapatan Rp 15 miliar dari hasil panen tebu.

Selain, pilot project ATM, inovasi yang dilakukan KPH Jombang yang cukup berhasil adalah penanaman tanaman kayu putih untuk diproduksi minyak kayu putih. Dalam produksi minyak kayu putih di Wonosalam pada tahun pertama berhasil mencapai 144 persen dari target RKAP dan menjadi nomor 1 Perhutani seluruh Indonesia.

Minyak kayu putih yang di produksi di Wonosalam menghasilkan rendemen terbaik dengan angka 0,99 persen, dalam arti 1 kuintal daun kayu putih bisa disuling menjadi 1 kg minyak.

Selain program ATM dan minyak kayu putih, KPH Jombang juga memproduksi getah Pinus, dan  peremajaan kayu jati sehingga mengungkit pendapatan Rp 11 miliar.