Pada poster dibedakan indikator tinggi minimal bagi anak laki-laki di bagian kanan poster dengan warna biru, dan di bagian kiri untuk anak perempuan dengan warna pink. Dilengkapi dengan gambar ilustrasi yang menarik dan cerah yang disukai anak-anak.

Selain sebagai pemantauan tinggi badan, Poster Penting memuat juga tiga pesan kunci mengenai stunting yang disampaikan secara ringkas dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami.
Pesan kunci pertama berkaitan dengan pengertian stunting. Anak stunting berarti anak yang mengalami gagal tumbuh optimal, yang disebabkan oleh kekurangan gizi dalam jangka panjang.

Pesan kedua mengenai dampak stunting selain kekerdilan atau pendek. Selain tidak memiliki tinggi badan yang sesuai umurnya, stunting mengakibatkan anak kecerdasan kurang berkembang karena pertumbuhan otaknya terganggu. Disamping itu anak akan mudah terkena penyakit karena daya tahan tubuhnya yang lemah.

Pesan kunci yang terakhir adalah cara mencegah stunting. Anak yang terlanjur stunting hanya bisa jika segera diketahui dan dilakukan intervensi gizi bila masih di bawah dua tahun. Maka dari itu pencegahan stunting sangatlah penting. Dengan bahasa yang sederhana disampaikan cara pencegahan stunting sejak kehamilan ibu (periksan rutin, suplemen tambah darah, pola makan bergizi) samapai perlakuan kepada bayi setelah kelahiran, antara lain pemberian ASI Eksklusif, dilanjutkan pemberian makanan pendamping jika telah sampai waktunya dengan gizi seimbang.