“Peran BKKBN melalui program KB dalam perencanaan dan pengendalian penduduk. TNI berperan didalam menjaga Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) dimana seluruh warga negara dan sumberdaya nasional yang ada terlibat secara total, terpadu, terarah dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara dan menjaga keselamatan segenap bangsa Indonesia dari segala ancaman,” kata Maria Erna.

“Tahun 2045 Bangsa Indonesia memasuki Tahun Emas dimana dirayakan 100 tahun Kemerdekaan Bangsa Indonesia, dan pada tahun 2045 ini kita memasuki kondisi Bonus Demographi yang tidak mungkin kita lewatkan begitu saja. Pada tahun 2045 Indonesia diharapkan menjadi negara maju dan sejajar dengan negara adidaya. Bonus Demographi merupakan suatu keadaan dimana terjadi peningkatan jumlah penduduk usia produktif usia antara 16 sd 65 tahun sebesar 70% dari total jumlah penduduk yang diikuti menurunnya angka kelahiran dan kematian,” lanjut Maria Erna.

Dalam menyiapkan Bonus Demographi tersebut dibutuhkanlah peran mitra kerja untuk menggalang sinergitas dari semua pihak saling terkait.bkkbn-jatim-bersama-tni-giat-peningkatan-kapasitas-motivator-kb-pria-dalam-penggerakan-program-kb

Tahun 2021 ini BKKBN mendapatkan mandat baru dari Bapak Presiden RI yaitu sebagai ketua pelaksana Percepatan Penurunan Stunting, hal ini menjadi tantangan bagi BKKBN Jatim untuk dapat menurunkan angka stunting pada tahun 2020-2024 rata-rata sebesar 2.5% setiap tahunnya dari 24.1% pada tahun 2020 menjadi 14% pada tahun 2024.