Di tahun ini, dalam event yang akan berlangsung pada 24 hingga 27 November di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, itu juga akan menyuguhkan berbagai hal yang berbeda. Tahun ini IdeaFest bekerja sama dengan banyak sekali program partner. 

“Biasanya kalau IdeaFest itu kami ada pilar-pilar yang kami laksanakan sendiri, tapi kali ini kami banyak yang langsung menyerahkan ke community partner. Seperti komedi festival (bekerja sama) dengan Majelis Lucu Indonesia,” kata Desy Bachir. 

Setiap tahunnya IdeaFest juga selalu menghadirkan pembicara-pembicara global. Di tahun ini IdeaFest secara khusus akan menghadirkan Takashi Murakami, seniman kontemporer asal Jepang yang telah berkolaborasi dengan brand fashion high-end, seperti Marc Jacobs dan Louis Vuitton dan telah memiliki berbagai karya seni yang bervariasi, seperti lukisan tradisional Jepang, manga, anime, patung, instalasi, dan film berciri khasnya sendiri atau yang dikenal sengan “Superflat”. 

Kehadiran Murakami diharapkan dapat memberikan ruang bagi pengunjung untuk berinteraksi dan membangun koneksi yang luas secara lokal maupun global. Menariknya, IdeaFest menyajikan proyek Clone X – X Murakami yang juga berkolaborasi dengan RTFKT sebagai MetaHuman IdeaFest 2022.

“Jadi untuk pertama kalinya, yang beda dari sebelumnya, kami hadirkan host berupa meta human, namanya drea dan droid karya Takashi Murakami. Mungkin kami adalah yang pertama menghadirkan meta human host di Indonesia,” kata Desy.