bkkbn-diy-dengan-perguruan-tinggi-gelar-workshop-dan-diseminasi-studi-kasus-dan-pembelajaran-baik-stuntingPada penelitiannya ini berfokus pada peran remaja untuk mencegah kehamilan usia dini, meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan ibu hamil, serta menurunkan prevalensi stunting. Program Emping Jamil merupakan program Pendampingan Remaja untuk Ibu Hamil di Puskesmas Dlingo II yang dilakukan sejak tahun 2016.

Inovasi program ini bertujuan untuk mencegah kehamilan usia dini melalui strategi komunikasi perubahan perilaku memberikan fasilitasi kepada remaja untuk terlihat aktif meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman mendampingi ibu hamil.

Pada sesi kedua, disampaikan oleh Universitas Respati Yogyakarta dan Universitas Gunungkidul. 1. Genius (Generasi Anti Anemia, Gizi Buruk dan Stunting): Strategi Pencegahan Stunting pada program 8000 hari pertama kehidupan oleh remaja di wilayah urban Yogyakarta oleh Universitas Respati Yogyakarta yang disampaikan oleh Thomas Aquino Erjinyuare Amigo.

Konsep ini memberikan edukasi pada remaja putri, laki-laki, dan orang tua mengenai program 8000 HPK yang dikemas dalam bentuk capacity building dan workshop. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh intervensi GENIUS terhadap pengetahuan remaja putri, laki-laki dan keluarga.

2.Sistem Informasi Penanganan Stunting di Kabupaten Gunungkidul oleh Universitas Gunungkidul disampaikan oleh Septiono Eko Bawono dan Ali Mustopa. Hasil dari penelitian ini merupakan prototipe aplikasi pendataan stunting berbasis website.