perbaiki-kualitas-pelayanan-kb-perwakilan-bkkbn-diy-gelar-pelayanan-kontrasepsiPelatihan memasuki hari ke-9, di mana materi saat ini adalah Simulasi pemasangan alat kontrasepsi implan. Peserta antusias dalam mengikuti sesi simulasi yang akan menjadi bekal dalam praktik pelayanan.

Peserta dibagi dalam tiga kelompok belajar. Fasilitator di masing-masing kelompok menjelaskan dan memperagakan tata cara pemasangan maupun pelepasan alat kontrasepsi metode implan. Fasilitator menyampaikan secara detail dan peserta memperhatikan dengan seksama. Usai melihat simulasi, kemudian masing-masing peserta diberikan kesempatan untuk praktik simulasi hingga mampu melakukannya secara baik dan benar.

Di hari pelatihan sebelumnya, peserta telah memperoleh konsep-konsep materi melalui mempelajari mandiri modul dan bahan tayang yang diberikan serta pendalaman melalui tatap maya dan penugasan. Materi-materi tersebut meliputi Konseling Keluarga Berencana, Kontrasepsi pada Kondisi Khusus, Pelayanan Kontrasepsi (dengan metode kondom, AKDR, dan Implan), Rujukan Pelayanan KB, Pencegahan Pengendalian Infeksi (PPI), dan Pencatatan dan Pelaporan Pelayanan KB. Konsep materi tersebut beserta praktik simulasi diimplementasikan pada saat praktik pelayanan.