“Kepemimpinan Indonesia di G20 harus memberi warna, khususnya dengan melibatkan para pemudanya,” kata Rahayu Sarawaswati, Sabtu (29/10/2022).

Dalam salah satu diskusi Y20 tentang Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi salah satu gagasan delegasi dalam forum, yakni “Sekoci: Sekolah Cinta Iklim”, yang dinilainya menjadi bagian penting untuk memulai kesadaran masyarakat terkait perubahan iklim.

“Akan saya ajak untuk berkolaborasi di Jawa Timur. Saya rasa akan sangat berdampak ya, terutama isu perubahan iklim dan keberlangsungan planet ini sangat penting,” ujar Emil, lulusan S2 dan S3 dari Ritsumeikan Asia Pacific University, Jepang.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyampaikan harapannya agar gagasan anak muda pada forum Gaung Muda Indonesia dapat terus dijaga keberlanjutannya, termasuk menyukseskan agenda G20. “Waktu seumuran mereka, saya belum tentu bisa seperti mereka. Jadi saya rasa ajang ini baik untuk meningkatkan partisipasi anak muda dalam menyukseskan agenda G20,” kata Bima yang menjadi wali kota di umur 41.

Forum Gaung Muda Indonesia lainnya digelar di Puri Mangkunegaran Solo, Jumat malam (28/10/2022). Tiga kepala daerah yang hadir sebagai narasumber, yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.