Hasil diskusi  Tim pakar (4 kasus terpilih) disampaikan oleh ketua tim pakar, dr. Muhammad Nur, Sp.OG. Tim pakar lainnya juga ada ahli gizi bapak deddy, ibu ine psikolog dan dokter anak dr. Cahyani, Sp. A. Ada beberapa alasan yang menjadi dasar pemilihan kasus salah satunya telah dilakukan intervensi tetapi belum menunjukkan perubahan dan ketersediaan fasilitas kebijakan kependudukan.

bkkbn-jatim-sosialisasi-audit-stunting-di-madiunDalam kesempatan yang sama Maria Ernawati yang diwakili Bu Waluyo, mengatakan Tahun 2021 BKKBN mendapatkan mandat baru dari Bapak Presiden RI yaitu sebagai ketua pelaksana Percepatan Penurunan Stunting, hal ini menjadi tantangan bagi BKKBN untuk dapat menurunkan angka stunting pada tahun 2020-2024 rata-rata sebesar 2.5% setiap tahunnya dari 24.1% pada tahun 2020 menjadi 14% pada tahun 2024.

Percepatan Penurunan Stunting telah ditetapkan 5 (lima) strategi Nasional yakni : Pertama, Peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan di kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa.

Kedua, Peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan Pemberdayaan Masyarakat.

Ketiga, Peningkatan Konvergensi Spesifik dan intervensi sensitive di Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kab/Kota dan Pemerintah Desa.