BKKBN

Executive Director UNFPA Pusat di New York, Natalia Kanem mengatakan, “Indonesia melalui koordinasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional dan Kementerian Luar Negeri serta Perwakilan Tetap Republik Indonesia mengusulkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional mewakili delegasi Republik Indonesia sebagai nominasi untuk bersaing meraih penghargaan Penghargaan Kependudukan Perserikatan Bangsa-Bangsa UNPA dengan nominasi lainnya yang telah diusulkan”, ucap Natalia.

Natalia juga menambahkan,” Saya turut bangga untuk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atas diraihnya UNPA kali ini. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional merupakan instansi di Indonesia yang berkontribusi dalam penerapan Keluarga Berencana.

Selain itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional juga terlibat dalam Kerjasama Selatan Selatan dalam hal pelatihan dan membimbing para pakar kependudukan yang melibatkan organisasi non pemerintah dan berbasis agama tentang masalah kependudukan”, tambah Natalia.

Pada 6 April 2022, dalam pertemuan Commission of the UNPA 2022 di New York, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional telah berhasil memenangkan UNPA di Kategori Institusi. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional berhasil memperoleh dukungan 6 dari 9 voters (melewati _simple majority_), menyisihkan perwakilan institusi dari RRT, Meksiko, Nepal, Filipina, dan Spanyol.