KPH Probolinggo
Surabaya Kota, Probolinggo – Perhutani terus berinovasi dalam pengembangan tanaman jati plus perhutani (JPP) guna meningkatkan produktifitas kayu untuk memenuhi kebutuhan industri furnitur kayu, baik untuk pasar dalam maupun luar negeri. KPH Probolinggo

Hal itu dilakukan dengan cara penelitian melalui serangkaian kegiatan pemuliaan pohon dan menggunakan formula yang disebutnya sebagai nutrisi hormon (nutrimon), karena dengan umur yang sama, diameter JPP menggunakan nutrimon ini jauh lebih besar dibandingkan diameter pohon jati yang ditanam secara konvensional.

Pemberian nutrimon sebagai upaya mempercepat pertumbuhan JPP dilakukan untuk mendapatkan masa tebang dengan daur pendek sehingga bisa mempercepat pendapatan perusahaan. 

Karena secara normal pertumbuhan JPP dalam waktu 2 tahun, batangnya hanya setinggi 3,5 meter, namun jika dilakukan perlakuan khusus dengan pemberian nutrimon sebagai cairan perangsang dengan cara menyayat kulit dan menyiramkan ke seluruh bagian batang dan daun sebagai nutrisi tambahan, maka dalam waktu 16 bulan JPP ini tingginya dapat mencapai rata-rata hampir 7 meter.