Surabaya Kota, Jakarta – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mendorong negara-negara ASEAN terus memperkuat pemanfaatan teknologi digital dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi domestik maupun regional pasca-pandemi Covid-19. Menurutnya, kawasan ASEAN maupun Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang sangat besar.

Demikian disampaikan Putu Supadma di sela-sela perhelatan Sidang Umum ke-42 forum Parlemen ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) yang diselenggarakan secara virtual dari Brunei Darussalam, Selasa (24/8/2021). “Digitalisasi di kawasan ASEAN menjadi penting dalam pemulihan ekonomi pasca-pandemi,” ujarnya.

Putu Supadma menilai ASEAN berpotensi menjadi pemain besar dalam ekonomi berbasis digital sekaligus menjadikan ekonomi digital sebagai kekuatan utama ASEAN. Hal ini juga sejalan dengan ratifikasi ASEAN Agreement On Electronic Commerce atau Persetujuan ASEAN tentang Perdagangan Elektronik yang sedang dibahas Komisi VI DPR RI dan akan segera disahkan dalam Rapat Paripurna DPR RI.