Sindikat Post, Surabaya – Pembinaan wartawan kompeten bersertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) digelar oleh perwakilan LSP Pers Indonesia provinsi Jawa Timur. Rabu (26/10/2022) pukul 11.00 Wib, di Rumah Makan Bu Rudy Surabaya.

pembinaan-wartawan-kompeten-dan-pembentukan-pengurus-pusat-wakomindoDedik Sugianto ketua perwakilan LSP Pers Indonesia provinsi Jawa Timur dan Asesor berlisensi BNSP menerangkan bahwa pembinaan ini dilakukan untuk wartawan kompeten yang mempunyai sertifikat kompetensi berlogo burung Garuda untuk memantau sejauh mana sertifikat kompetensi di gunakan oleh para wartawan.

“Ada program Surveilen yang dilakukan setidaknya sekali dalam 3 tahun. Program ini untuk memastikan para wartawan yang mempunyai sertifikat kompeten bekerja sesuai dengan skema / kualifikasi yang ditempuhnya,” ujar Dedik Sugianto.

“Acara Pembinaan dilakukan rutin setiap 3 bulan sekali. Ada beberapa tugas yang dilakukan para wartawan sesuai dengan skema, dan tugas itu sebagai pemantauan secara berkala terhadap para wartawan yang kompeten,” tambahnya.

Setelah pembinaan, acara dilanjutkan dengan pembentukan pengurus pusat Wakomindo (Wartawan Kompetensi Indonesia). Kesempatan itu diputuskan siapa saja yang menduduki posisi di pengurus pusat Wakomindo.

pembinaan-wartawan-kompeten-dan-pembentukan-pengurus-pusat-wakomindoMenurut Dedik, Wakomindo berbadan hukum perkumpulan didirikan oleh para asesor dan wartawan kompeten berlisensi BNSP. Anggota dari Wakomindo adalah wartawan yang mempunyai Sertifikat yang diterbitkan BNSP.

“Pengurus pusat akan membentuk kepengurusan Provinsi, dan Pengurus Provinsi akan membentuk kepengurusan kota/ kabupaten, dan tentunya semua harus dikoordinasikan ke Ketua Umum,” ujar Dedik Sugianto pendiri dan ketua umum Wakomindo.