Kepala BKKBN menyampaikan bahwa sebagai unsur utama penggerak keberhasilan Program Bangga Kencana Penyuluh KB PNS maupun PLKB Non PNS bertugas melaksanakan, mengelola, menggerakkan, memberdayakan, menggalang kemitraan, pelayanan dan pengembangan bersama PPKBD dan Sub PPKBD sehingga terjadi perubahan perilaku terhadap masyarakat atau keluarga tentang Program Bangga Kencana, dan tidak kalah penting adalah peran keluarga yang secara konsisten menjadi peserta KB Lestari sebagai role model dalam masyarakat.

Kegiatan Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Terbaik Tahun 2021 ini dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan. Di tahap pertama dilakukan pembinaan dan penilaian secara berjenjang dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi kepada para Tenaga Lini Lapangan. Tahap kedua, seluruh usulan tenaga lini lapangan terbaik dari provinsi dilakukan seleksi administrasi dan seleksi presentasi hasil kinerja. Tahap ketiga Setelah menghasilkan keputusan 5 terbaik dari setiap kategori berdasarkan hasil administrasi dan presentasi kinerja yang dilakukan pada tahap kedua. Selanjutnya dilakukan wawancara kepada 5 terbaik di setiap kategori..

Plt Deputi Advokasi, Penggerakan dan Informasi, Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc., Dip.Com., menambahkan, “Kegiatan Apresiasi Tenaga Lini Lapangan ini diformat dalam bentuk Penilaian untuk mencari Tenaga Lini Lapangan yang terbaik dari yang terbaik. Apresiasi ini menjadi bentuk menjaga semangat dan tentu saja dapat melihat hal positif yang sudah dilakukan tenaga lini lapangan. Penilaian dilakukan secara berjenjang dari desa sampai di tingkat pusat,” tambah Dwi Listyawardani yang sekaligus juga mengumumkan pemenang Apresiasi Tenaga Lini Lapangan.