“Sekolah Orang Tua Hebat yang digagas BKKBN ini merupakan terobosan yang strategis untuk memberikan Pendidikan intensif kepada para kelurga balita yang merupakan generasi milenial. Pelaksanaan yang singkat, terukur dan di bawah pendampingan tenaga professional dari Universitas Surabaya merupakan nilai plus untuk menarik minat para keluarga milenial agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengasuhan anak balita. Dukungan dari berbagai sektor di berbagai tingkatan dan partisipasi dari masyarakat menjadi kunci kesuksesan program ini. SOTH di Kabupaten pasuruan ini merupakan SOTH pertama di Jawa Timur, semoga dapat dikembangkan di tempat lain agar cakupan sasaran dapat lebih banyak dan luas,” terang Arumi.

IMG 20210604 WA0018

Kaper BKKBN Jawa Timur, kesempatan itu menerangkan, pengetahuan keluarga tentang pengasuhan dan golden periode masih rendah. Masa balita merupakan golden periode, waktu paling banyak dihabiskan bersama keluarga.

“Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga tentang pengasuhan dapat menjadi langkah strategis untuk memaksimalkan golden periode dan mencetak generasi unggul. Seiring perkembangan jaman yang begitu cepat terjadi pola perubahan perilaku keluarga, perlu pendekatan baru yang menarik untuk mendidik keluarga tentang pengasuhan,” terang pak Teguh panggilan akrab Kaper BKKBN Jawa Timur.