Fariz Rayyan Januar, General Manager Barunastra ITS 2023 yang dihubungi secara daring menjelaskan bahwa terdapat dua kategori pada perlombaan kali ini. Pertama adalah kategori autonomous dari roboboat yang dibuat, yaitu melombakan seberapa cakap kapal yang dibuat dalam bergerak secara otomatis, dan kedua adalah kategori design documentation.

Pada kategori design documentation terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu design report, team video, dan presentasi secara offline di hadapan para juri setempat.

Pada presentasi secara offline ini para peserta diminta untuk untuk menjelaskan berbagai hal mengenai roboboat yang akan dilombakan nantinya, mulai dari strategi dalam menyelesaikan, desain yang digunakan, hingga cara pembuatan serta cara kerja kapal yang akan dilombakan tersebut.

Rayyan juga menjelaskan mengenai mekanisme perlombaan pada kategori autonomous. Seperti perlombaan-perlombaan lainnya, tim bimbingan Dr Rudy Dikairono ST MT, Muhammad Lukman Hakim ST MT, dan Muhtadin ST MT ini menjalani tiga babak pada kategori tersebut, yaitu kualifikasi, semifinal dan final.