13 Kota Surabaya         33 orangbkkbn-jatim-dan-emil-dardak-wisuda-sekolah-orang-tua-hebat-angkatan-iv

Sekolah Orang Tua Hebat yang digagas oleh BKKBN ini merupakan terobosan yang strategis untuk memberikan Pendidikan intensif kepada para keluarga balita yang merupakan generasi milenial. Sekolah Orang Tua Hebat yaitu sekolah yang diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak Balitanya.

SOTH sudah ada di setiap Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Pelaksanaan yang singkat, terukur dan di bawah pendampingan tenaga professional dari Akademisi dan TimPenggerak PKK merupakan nilai plus untuk menarik minat para keluarga milenial agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengasuhan anak balita.

bkkbn-jatim-bersama-emil-dardak-wisuda-400-orang-tua-hebat-di-jawa-timurDalam pelaksanaannya SOTH 38 Kabupaten/Kota ini didahului dengan pelatihan bagi Tim Fasilitator, yang terdiri dari Kader BKB, PKB dan OPD KB. Selanjutnya Sekolah Orang Tua Hebat dilaksanakan secara intensif dan bertahap, dengan pertemuan tatap muka sebanyak 14 (empat belas) kali dan dilaksanakan 1 kali dalam seminggu. SOTH di setiap Kabupaten/Kota mendapat dukungan penuh dari TP PKK di berbagai tingkatan wilayah, dari Provinsi hingga Desa.

“Saya berterimakasih kepada seluruh green angel atau Tim Penggerak PKK di Provinsi Jawa Timur pada berbagai tingkatan wilayah karena sudah mendukung pelaksanaan SOTH ini. Tanpa peran TP PKK, tentu SOTH di Jawa Timur tidak akan sampai pada tahap ini” ujar Erna dalam sambutannya.

Erna menjelaskan bahwa peserta sekolah Orang Tua Hebat yang dapat mengikuti wisuda merupakan peserta yang telah mengikuti dari  Pertemuan Awal hingga Pertemuan ke 13 dan dinyatakan lulus. Dari 400 wisudawan Sekolah Orang Tua Hebat yang hadir pada kegiatan ini, hanya terbaik 1 dan 2 dari masing-masing Kabupaten/Kota yang diwisuda secara langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur.

bkkbn-jatim-bersama-emil-dardak-wisuda-400-orang-tua-hebat-di-jawa-timurNopian menambahkan bahwa melalui SOTH ini, nopian harap pesan-pesan terkait pengasuhan bisa sampai ke keluarga, bukan hanya keluarga masing-masing, tetapi keluarga-keluarga di Indonesia, terutama calon ibu. Hal ini sejalan dengan cita-cita Indonesia Emas di tahun 2045.