Sementara itu, CEO Huawei Indonesia Jacky Chen mengatakan, pihaknya sebagai salah satu pilar penta-helix memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi meningkatkan kapabilitas talenta digital Indonesia.

“Sejalan dengan komitmen Huawei I DO Collaborate, kami akan terus mendukung serangkaian kolaborasi ke depan melalui kemitraan dengan pemerintah, dunia pendidikan, industri dan komunitas. Hingga sekarang, lebih dari 71 ribu talenta digital telah dilatih oleh Huawei,” ungkap Jacky Chen.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum APTIKNAS Soegiharto Santoso alias Hoky, turut mengapresiasi upaya konsisten Huawei dalam mengembangkan kompetensi talenta digital Indonesia dengan prestasinya mencetak 100 ribu talenta digital Indonesia.

Hoky mengatakan, semua pihak harus bersama-sama mengejar target dalam 15 tahun ke depan Indonesia membutuhkan sebanyak 9 juta talenta digital. Artinya dibutuhkan sekitar 600 ribu talenta digital per tahun.

Untuk itulah kata Hoky, “Baru-baru ini APTIKNAS telah menandatangani MoU dengan Cybers Academy untuk membangun SDM yang mampu beradaptasi di dunia teknologi yang cepat berubah. “Tentunya MoU tersebut menjadi salah satu upaya mendukung target pemerintah menciptakan 9 juta talenta digital di Indonesia,” tuturnya.

Pada kesempatan ini juga, Hoky berkesempatan berdiskusi membangun kerjasama dengan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Ristek Prof. Nizam dalam melakukan kolaborasi dengan APTIKNAS.