“Bekerja sama dengan 1000 Days Fund, BKKBN memberikan pelatihan atau orientasi Poster Penting (Poster Peduli Stunting) bagi para bidan TPK di seluruh Indonesia dengan uji coba di lima provinsi yaitu Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur dan Banten,” sebut Sukamto dalam acara Orientasi Poster Penting bagi Bidan Tim Pendamping Keluarga Tahun 2022, di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3AP2KB) Kabupaten Pasuruan, Kamis (1/11/2022).

poster-penting-bkkbn-jatim-dan-1000-days-fund-gelar-orientasiUntuk jumlahnya, sambung Sukamto, di Sumatera Utara sebanyak 500 orang bidan, Jawa Barat sebanyak 700 orang bidan, Jawa Tengah sebanyak 600 orang bidan, Jawa Timur sebanyak 700 orang bidan dan di Banten sebanyak 500 orang bidan. Dengan pembiayaan sharing anggaran antara BKKBN dengan 1000 Days Fund.

“Kegiatan ini dilaksanakan di Jawa Timur secara luring dimulai tanggal 1 hingga 16 Desember 2022. Dimana Kabupaten Pasuruan ini merupakan kegiatan orientasi poster pintar stunting perdana dan akan dilanjutkan di Kota Pasuruan besok pada tanggal 2 Desember 2022,” imbuhnya.

Sukamto menambahkan baik di Kabupaten maupun di Kota Pasuruan masing-masing 20 orang bidan dimana wilayah kerjanya merupakan lokus Stunting. Setiap bidan mendapatkan 70 poster pintar yang diharapkan akan ditempelkan di rumah-rumah penduduk yang beresiko tinggi stunting.