newsiga-kaper-bkkbn-diy-input-data-tepat-waktu
Surabaya Kota, Yogyakarta – Setelah sebelumnya melakukan uji kualitas data SIGA di Bantul dan Kulon Progo, maka Kamis (1/11/2022), Tim Perwakilan BKKBN DIY melakukan uji kualitas data di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta.
data-siga-bkkbn-diy-uji-kualitas-data-di-kab-sleman-dan-kota-yogyakartaMigrasi sistem pelaporan SIGA ke NewSIGA di tahun 2022 ini bertujuan agar sistem pelaporan dan informasi menjadi lebih baik dan mudah dimanfaatkan.

Namun NewSIGA sebagai sesuatu yang baru dan masih terus dikembangkan mengakibatkan sejumlah kesulitan bagi para operatornya. Tim Uji Kualitas Data diterjunkan untuk mengevaluasi penerapan NewSIGA serta mendapatkan masukan dari para operator di fasilitas kesehatan (faskes) dan Balai Penyuluhan KB Kapanewon.

Kesulitan input di Kapanewon Ngaglik

Di Balai Penyuluhan KB Kapanewon Ngaglik Sleman, tim uji kualitas data yang dipimpin Zuhdi Astuti menjumpai bahwa hampir seluruh faskes pelayanan KB di Ngaglik telah rutin menginput data layanan alat kontrasepsi (alkon) melalui NewSIGA.

“Kami memang mendorong seluruh faskes yang melayani kontrasepsi di Ngaglik untuk melakukan input hasil pelayanan, termasuk input Form Register Pendaftaran (K/0). Jadi Penyuluh KB tidak lagi menghimpun data dari faskes dan mengiputnya,” demikian dijelaskan Koordinator Penyuluh KB Kapanewon Ngaglik Tafwidiati Abidah.

data-siga-bkkbn-diy-uji-kualitas-data-di-kab-sleman-dan-kota-yogyakartaSelanjutnya sebagaimana dituturkan bidan Anindya Mustika Ramadhani dari Praktek Mandiri Bidan (PMB) Tuti Purwani, kesulitan dialaminya saat menginput alamat akseptor KB karena sejumlah dusun tidak muncul di pilihan menu alamat.