“Kualitas pengasuhan sangat menentukan kualitas generasi penerus yang dilahirkan oleh satu keluarga. Mencetak para orang tua yang cerdas dan terampil dalam pendampingan dan pengasuhan tumbuh kembang pada anak menjadi langkah sangat strategis dalam rangka perencanaan melahirkan generasi penerus yang berkualitas serta langkah strategis untuk mencegah bayi baru lahir stunting,” imbuh Rigo lagi.bkkbn-jatim-komisi-ix-dpr-ri-giat-sosialisasi-pengasuhan-1000-hpk

Kejadian stunting merupakan salah satu masalah gizi yang dialami oleh balita di dunia dan Indonesia sampai dengan saat ini. Berdasarkan hasil Joint Child Malnutrition Estimates (JME) antara UNICEF, WHO, dan World Bank Group pada April tahun 2021, sebanyak 149,2 juta anak balita di dunia mengalami stunting pada tahun 2020.

Ir. H. Nur Yasin selaku Anggota Komisi IX DPR-RI, dalam sambutannya mengatakan siap mendukung penuh program BKKBN Jatim dalam percepatan penurunan stunting dan sosialisasi pengasuhan 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).