Sementara itu, Kepala Dinas PPKB Kabupaten Malang Aniswati Azis, SE, M.Si menyampaikan satu hal yang sangat mengancam gengerasi penerus adalah adanya pernikahan dini karena KTD (Kehamilan Tidak Diinginkan ) pada remaja. Menurutnya hal ini sangat berpotensi menyebabkan anak yang dilahirkan dalam kondisi stunting selain resiko Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), masalah sosial dan masalah ekonomi.

“Karena memang sebenarnya belum siap untuk menikah dalam segala hal. Sebaiknya pernikahan memang direncanakan dengan apik dan matang. Mempersiapkan pernikahan dengan baik ini memerlukan peran berbagai pihak, selain remaja dan orang tua remaja, peran tokoh masyarakat dan tokoh agama sangat diperlukan.” Pungkas Aniswaty.

giat-krisdayanti-dan-bkkbn-jatim-di-desa-sidoasri-malangPercepatan penurunan stunting menjadi persoalan dan tanggungjawab bersama untuk menyelesaikannya. Sinergi berbagai sektor diperlukan. Hal ini kemudian diaktualisasikan melalui kegiatan Promosi dan KIE Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting yang merupakan sinergi Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dengan Komisi IX DPR RI untuk melakukan edukasi kepada masyarakat terkait percepatan penurunan stunting. @Red