Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, lanjut Hasto, bagaimana keluarga bisa melahirkan generasi-generasi yang unggul untuk Indonesia maju dan bebas stunting. “Sekarang ini tidak hanya dengan dua anak cukup tapi memang dua anak itu harus sehat. Sehingga kalau dulu itu kuantitas tetapi sekarang ini kuantitas dan kualitas,” jelas Hasto.

Bonus demografi yang saat ini dirasakan Indonesia, menurut Hasto, karena proporsi penduduk yang produktif lebih besar dari pada penduduk yang tidak produktif. Berdasarkan Sensus Penduduk 2020, setiap 100 penduduk yang produktif menanggung beban 41 penduduk yang tidak produktif.

BKKBN

“Kalau mau kaya ya sekarang ini saatnya, karena penduduk yang produktif lebih banyak dan beban untuk penduduk yang tidak produktif lebih sedikit,” ujar Hasto. Menurut Hasto, penduduk yang tidak produktif itu juga bersifat konsumtif, walaupun tidak bekerja namun tetap butuh makan sehingga menjadi beban.

“Oleh karena itu kita harus memanfaatkan bonus demografi ini dengan diawali kualitas sumber daya manusia yang unggul,” jelas Hasto.