Tuti berharap dari kegiatan ini akan adanya peningkatan kapasitas dan komitmen pengelola Program lansia di setiap tingkatan wilayah. Selain itu peserta diharapkan dapat menjadi fasilitator yang dapat membina keluarga lansia dan lansia itu sendiri agar menjadi lansia yang Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan bermartabat (SMART) di kabupaten/kota.

Untuk itu selama tiga hari peserta mendapatkan materi terkait kelanjutusiaan, antara lain Pengelolaan Stress pada Lansia, Pengenalan Syndrom Geriatri, gizi lansia, Pengelolaan keGawat Daruratan Sederhana, caregiver dan Pengelolaan Bina Keluarga Lansia.

Sebagai bentuk komitmen Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dalam memberikan orientasi yang berkualitas kepada pihak yang perduli dengan kelanjutusiaan. Perwakilan BKKBN Prov Jatim berkolaborasi dengan praktisi/pakar yang berkecimpung di ranah kelanjutusiaan yang berasal dari Poli Geriatri RSUD dr. Soetomo Surabaya, RSUD Kab. Sidoarjo dan Indonesia Ramah Lansia (IRL) sebagai pemateri di kegiatan Orientasi OPJP. @red. (Nur Hotimah)