“Dan ada satu lagi juga yang mau terbentuk yaitu Relawan UKM. Mereka baru saja konfirmasi ke saya dan bilang bahwa akan membentuk organisasi sayap partai. Mereka para relawan akan siap berjuang bersama Partai UKM,” papar mantan Aktivis Mahasiswa 98 asal Surabaya ini.

Kata Gus Din, pada prinsipnya kami berterima kasih kepada semua pihak dan beberapa tokoh penting masyarakat yang memberikan dukungan sumbangsih. Terutama ikut dan turut andil untuk terbentuknya Partai UKM sampai ke Propinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan di seluruh Indonesia.

“Semua itu terjadi dengan kebersamaan karena mereka merasa terpanggil, karena mereka semua merasa konsep, ide dan gagasan partai ini nantinya untuk kemaslahatan umat,” jelasnya.

Bahkan Gus Din sendiri menafsirkan bahwa dalam waktu yang tidak lama lagi, akan ada ratusan ribu orang bergabung menjadi kader di partai UKM. Sebab masyarakat menilai visi misi, konsep dan gebrakan Partai UKM diyakini dapat memberikan perubahan yang lebih baik bagi para pelaku UKM.

“Masyarakat Indonesia sebagian besar adalah pelaku UKM yang berjumlah 65 juta. Kalau tujuan meningkatkan kesejahteraan bersama tercapai, maka Indonesia akan merdeka sebenar-benar merdeka,” pungkas Gus Din yang berprofesi sebagai Konsultan Media ini. (red)

Penulis: Barto Silitonga