Dijelaskan, dalam penerapan SAKIP, Perangkat Daerah mengalami peningkatan dari tahun tahun sebelumnya. Ini terlihat dengan semakin meningkatnya Perangkat Daerah yang mendapatkan nilai kategori AA dan A, sedangkan empat Perangkat Daerah lainnya dengan Kategori BB.

Gubernur berharap, empat OPD yang masih masuk SAKIP kategori BB terus meningkatkan kinerja sehingga tahun depan jadi A. “Tahun ini ada empat perangkat daerah yang kategori BB sedangkat 46 lainnya masuk kategori A, Saya yakin bahwa saudara mampu meningkatkan,” harapnya.

Perangkat Daerah berupaya mengoptimalkan penerapan SAKIP dan terus mendorong efektivitas dan efisiensi, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Setiap perangkat daerah harus berinovasi dalam pencapaian kinerja melalui transformasi digital agar saling sinergi dan saling terkoneksi. Seperti halnya transformasi digital untuk pemulihan ekonomi dalam hal ini menggerakkan UMKM melalui penjualan secara online dengan memasukkan mereka pada marketplace serta membangun akses pemasaran secara virtual berbagai negara.