Kepala Perwakilan sekaligus menyampaikan salam dan pesan Kepala BKKBN Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG(K), bahwa dengan ditunjukknya BKKBN sebagai Koordinator penanganan masalah stunting, telah diluncurkan beberapa program unggulan antara lain DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) dan program yang bersifat preventif seperti Pembentukan Tim Pendamping Keluarga (TPK), Mahasiswa Penting (Mahasiswa Peduli Stunting), dan Aplikasi ELSIMIL (Aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil).

Terkait Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang dibentuk sampai di tingkat lini lapangan, tim ini bertugas melakukan pemantauan kepada calon pengantin dan pendampingan kepada keluarga-keluarga rawan stunting. Di Kabupaten Gunungkidul ditargetkan 356 Tim dan sudah terbentuk seluruhnya. Selanjutnya kepada seluruh TPK akan diberikan pelatihan oleh Latbang BKKBN.

Kepala Perwakilan juga melaporkan hasil Pendataan Keluarga yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengambilan kebijakan dan perencanaan kegiatan karena data yang dihasilkan adalah data mikro yang diperoleh melalui sensus (bukan sampling) sehingga akurasinya terjaga.