Jakarta – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (Gercin) di momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Raja Ampat, 28 Oktober 2020 menyatakan sebagai organisasi independen dan tidak berpolitik atau bukan partai politik. Gercin merupakan yang terbentuk dari kekuatan akar rumput rakyat Indonesia yang lahir dari rahim Ibu pertiwi.

“Ormas Gercin adalah organisasi tempat berkumpulnya semua komponen anak bangsa dari Sabang sampai Merauke. Kita semua ini disatukan dengan Ideologi Pancasila sebagai dasar negara dan bermasyarakat,” kata Hendrik Yance Udam saat diwawancarai RB. Syafrudin Budiman SIP atau Gus Din di Hotel Jambrut Inn Hotel, Kenari, Kramat, Jakarta Pusat, Minggu (31/10/2020).

Menurut Hendri Yance Udam yang baru datang dari Raja Ampat Papua Barat dalam Peringatan Nasional Hari Sumpah Pemuda, Rabu 28 Oktober 2020, Gercin bukan dibentuk oleh kepentingan politik tertentu. Namun katanya, Gercin terbentuk dari ide kreatif anak bangsa, kesadaran dan keterpangilan generasi muda Indonesia untuk menjaga dan merawat NKRI.

“Kami terus akan merawat NKRI dari kehancuran dan melawan anasir-anasir dari kelompok ekstrimisme, intoleransi, berita hoax, terorisme dan gerakan saparatisme di bumi nusantara Indonesia,” tegas pria yang biasa disapa HYU, selaku Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (DPN Gercin) ini.