dalam-rangka-percepatan-penurunan-stunting-bkkbn-gelar-temu-konsolidasi-intervensi
Surabaya Kota, Surabaya – Dalam rangka penguatan percepatan penurunan stunting, telah dilaksanakan Rapat Konsolidasi Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Regional II Tahun 2024. Kegiatan ini dibuka oleh Deputi Bidang Dukungan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wakil Presiden, Dr. Ir. Suprayoga Hadi, M.S.P, selaku Wakil Ketua Tim Pelaksana Percepatan Penurunan Stunting Nasional di Hotel Platinum Tunjungan Surabaya, 20-21 Mei 2024. Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan serupa untuk Regional Sumatera di Hotel Nagoya Hill Batam pada 5–8 Mei 2024.dalam-rangka-percepatan-penurunan-stunting-bkkbn-gelar-temu-konsolidasi-intervensi

Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari arahan Wakil Presiden selaku Ketua Dewan Pengarah Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Pusat, dalam Rapat Tingkat Menteri yang digelar pada 19 Maret 2024. Wakil Presiden mengarahkan untuk meningkatkan cakupan Bulan Penimbangan Balita (BPB) dengan melakukan melakukan penimbangan balita serentak seluruh Indonesia.

Selama ini, selain melalui survey, pengukuran prevalensi stunting dilakukan melalui penimbangan dan pengukuran balita setiap bulan melalui posyandu. Namun dalam pelaksanaannya, cakupan sasaran balita yang ditimbang dan diukur masih relative rendah, alat antropometri/alat ukur yang belum terstandart, dan petugas yang melakukan belum terlatih dan terampil.

Diharapkan dengan pelaksanaan Temu Regional Konsolidasi Intervensi Serentak Pencegahan Stunting tahun 2024, akan memberikan pemahaman kepada para pemangku kepentingan terkait implementasi Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tahun 2024. Selain itu diharapkan akan tersusun langkah-langkah kongkrit dan rencana kerja implementasi Intervensi Serentak Pencegahan Stunting tahun 2024 disetiap tingkatan.

Loading