Surabaya – Saksi fakta yang dihadirkan Ellen Sulistyo tidak mengetahui pendapatan per bulan restauran Sangria by Pianoza, akan tetapi mengetahui pendapatan rata – rata harian restauran tersebut.

Keterangan terkesan ganjil itu terungkap dalam agenda sidang mendengarkan keterangan saksi fakta dari pihak Ellen Sulistyo (Tergugat I) dalam sidang gugatan wanprestasi yang diajukan Fifie Pudjihartono, direktur CV. Kraton Resto management dari restauran Sangria by Pianoza. Rabu (10/1/2023) di ruang sidang Garuda 1, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Saksi fakta bernama Nifa Kristika mengaku menjabat sebagai supervisor restauran Sangria by Pianoza dimasa restauran itu masih buka.

IMG 20240111 003419Nifa mengaku sudah bekerja pada Ellen Sulistyo sejak tahun 2014, dia di tempatkan Ellen menjadi supervisor di restauran Sangria by Pianoza sejak Juni 2022 hingga restauran tersebut tutup.

Pernyataan Nifa yang tidak mengetahui hasil pendapatan rata – rata perbulan restauran, dan hanya mengetahui hasil rata – rata pendapatan restauran per hari, menjadi temuan yang menarik saat Nifa diberi pertanyaan Pengacara Yafet Waruwu, kuasa hukum Tergugat II.

Nifa berdalih, bahwa dirinya hanya ada laporan tiap malam terkait pemasukan dari restauran setiap harinya.

“Hari biasa 10 sampai 14 juta, paling tinggi 15 sampai 16 juta. Laporan tiap bulan tidak tahu. Uang chas (red: tunai) dari kasir disetorkan ke office admin bernama bu Dwi,” terang Nifa.

Jawaban tersebut membuat Yafet bertanya – tanya, bagaimana bisa tahu pemasukan tiap hari tapi tidak tahu pemasukan tiap bulan, apakah tidak ada rekapan penghasilan, Nifa menjawab tidak ada, dia hanya tahu pemasukan rata – rata tiap hari.

IMG 20240111 WA0006 scaledSebagai supervisor, kata Yafet,  seharusnya Nifa mengetahui semua operasional restauran, semestinya Nifa juga mengetahui uang yang disetorkan kasir ke admin masuk ke rekening atas nama siapa, akan tetapi sekali lagi Nifa mengatakan tidak tahu ditransfer ke rekening siapa. terkesan ada hal yang ditutupi dalam kesaksian tersebut.

Terkait Nifa sebagai supervisor yang digaji tiap bulan melalui transfer, Yafet menanyakan gaji yang Nifa terima siapa yang transfer, atas nama siapa yang transfer?. Akan tetapi Nifa sekali lagi tidak mengetahui.

“Tidak saya cek atas nama siapa yang transfer,” terang Nifa, yang membuat Yafet heran bagaimana mungkin orang digaji tidak tahu siapa yang transfer gajinya, padahal sesuai perkataan Nifa, bos dia adalah Ellen Sulistyo.

Terkait pembayaran pajak makanan dan service charge yang semestinya dibagikan ke karyawan, apakah dibagikan dan apakah pajak makanan dibayarkan, saat Yafet bertanya seperti itu, Nifa menjawab, bahwa karyawan mengerti kalau restauran minus.

“Kita masih minus, info office seperti itu, pajak makanan kurang tahu,” terang Nifa.