wakil-gubernur-jatim-temui-para-nelayan-muncar
Surabaya Kota, Banyuwangi – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menemui dan berdialog para nelayan Muncar di Aula Tembok Rejo, Muncar, Kab. Banyuwangi, Senin (8/1/24).wakil-gubernur-jatim-temui-para-nelayan-muncar

Dalam pertemuan tersebut, Wagub Emil mengatakan, bahwa Pemprov Jatim melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) akan mengakomodasi keinginan nelayan terkait melimpahnya ikan tongkol dan ikan layang dengan menyiapkan link and match Nelayan dengan pabrik hingga perusahaan pengolahan ikan yang ada di Jawa Timur.

“Dalam waktu dekat saya meminta Tim dari DKP Jatim untuk memetakan dan mengecek harga Ikan Tongkol dan Ikan Layang dari tempat lain seperti Prigi, Brondong sampai di daerah Madura. Jika hasil ikan melimpah dan memiliki kualitas baik maka kami akan tawarkan ke perusahaan dan pabrik pengolahan agar bisa menerima ikan dari para nelayan,” ungkapnya.

Wagub Emil menyebut, melimpahnya ikan tongkol dan layang di Muncar Banyuwangi merupakan berkah keberhasilan program dari DKP Jatim melalui pembuatan terumbu karang buatan, penanaman dan perbaikan Mangrove di berbagai tempat, perbaikan rumah ikan hingga underwater restocking.

Tak hanya itu, lanjut Emil, sinergi juga terus dilakukan dengan jajaran TNI – Polri khususnya dalam melakukan pengawasan dan melakukan penindakan terhadap penangkapan ikan secara ilegal.