SURABAYA, Surabaya Kota – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional menyelenggarakan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Tahun 2023.

Kompetisi tingkat nasional yang telah memasuki babak final ini, diselenggarakan untuk menguji kemampuan mahasiswa Indonesia dalam merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit dan ramah lingkungan.

Dalam pelaksanaannya, BPTI bekerja sama dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk sebagai tuan rumah penyelenggaraan dan Universitas Indonesia yang menyediakan tenaga ahli panitia. Seremoni pembukaan babak final KMHE 2023 ini secara resmi digelar di Carnaval Ancol pada 30 Oktober 2023.IMG 20231030 WA0189

“Kontes Mobil Hemat Energi menjadi sarana bagi mahasiswa Indonesia untuk lebih memahami dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan, khususnya terkait teknologi otomotif dan energi baru. Hal tersebut tercermin dari bagaimana kita menyiapkan produk kendaraan yang berfokus pada penghematan bahan bakar,” terang Kepala Pusat Prestasi Nasional, Hendarman, dalam sambutannya di Ancol, Senin (30/10).

Dalam kaitannya dengan isu bahan bakar fosil yang semakin menipis, BPTI Kemendikbudristek berupaya menggali inovasi yang dimiliki para mahasiswa di bidang penghematan energi kendaraan melalui penyelenggaraan kompetisi ini.