bkkbn-jatim-laksanakan-internalisasi-pengasuhan-balita-di-kabupaten-sumenep
Surabaya Kota, Sumenep – Dalam rangka terus mendorong terlaksananya penurunan stunting di Jawa Timur, Perwakilan BKKBN Jatim melaksanakan kegiatan Internalisasi Pengasuhan Balita dalam rangka Penurunan Stunting kepada Masyarakat di Kabupaten Sumenep, pada tanggal 13 Oktober 2023.bkkbn-jatim-laksanakan-internalisasi-pengasuhan-balita-di-kabupaten-sumenep

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Al-Ikhlas Kemenag Sumenep ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sumenep, Hj. Nia Kurnia Fauzi. Turut mendampingi Plt. Kepala Dinas Kesehatan dan PPKB Kabupaten Sumenep, Agustiyono Sulasno, M.H., Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Sumenep, Drs. H. Palatua, S.H, M.H.I. Hadir pula Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Dra. Maria Ernawati, M.M., yang dalam hal ini diwakili oleh Harijono, S.E, M.M., selaku Ketua Tim Kerja Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (PEK).

Sedangkan peserta kegiatan Internalisasi Pengasuhan Balita di Sumenep ini terdiri dari Keluarga Baduta, Keluarga Balita, Kader BKB, PKK, Penyuluh KB, CoE Poktan Pembangunan Keluarga dan Insan GenRe, sejumlah 250 orang.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting menyatakan bahwa tujuan Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting yang tertuangdalam perpres tersebut terdiri dari: (1) menurunkan prevalensi stunting (2) meningkatkan kualitas penyiapan kehidupan berkeluarga, (3) menjamin pemenuhan asupan gizi, (4) memperbaiki pola asuh, (5) meningkatkan kualitas akses mutu pelayanan kesehatan, dan (6) meningkatkan akses air minun dan sanitasi.

Kerdil (Stunting) pada anak mencerminkan kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bawah 5 Tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis, sehingga anak menjadi terlalu pendek untuk usianya. Kekurangan gizi kronis terjadi sejak bayi dalam kandungan hingga usia dua tahun. Dengan demikian periode 1000 hari pertama kehidupan seyogyanya mendapat perhatian khusus karena menjadi penentu tingkat pertumbuhan fisik, kecerdasan, dan produktivitas seseorang di masa depan.