SURABAYA, Surabaya Kota – Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya miliki Guru Besar (Gubes) bidang Ilmu Keperawatan yang pertama di seluruh perguruan tinggi muhammadiyah di Indonesia, setelah mengukuhkan Prof. Dr. A. Aziz Alimul Hidayat., S.Kep.Ms.,M.Kes sebagai Guru Besar (Gubes).

Mengangkat karya ilmiah berjudul Transformasi Pendidikan Keperawatan di Era Society 5.0, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya ini, akhirnya resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Keperawatan.

“Dengan dikukuhkannya Profesor Aziz Alimul Hidayat maka UM Surabaya memiliki guru besar ilmu keperawatan yang pertama sekaligus yang pertama di seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia,” terang Rektor UM Surabaya Sukadiono, Sabtu (30/09/23).IMG 20230930 WA0189

Dalam pidato ilmiahnya dengan judul Transformasi Pendidikan Keperawatan di Era Society 5.0, Profesor Aziz menjelaskan, pendidikan keperawatan adalah pendidikan yang sifatnya akademis dan profesional yang menghasilkan perawat atau profesi ners, yang dituntut untuk memiliki kompetensi dalam praktik keperawatan dengan tugas sebagai pemberi asuhan keperawatan.

“Selain itu perawat juga memiliki tugas sebagai penyuluh dan konselor bagi klien, pengelola pelayanan keperawatan, peneliti keperawatan, pelaksana tugas berdasarkan pelimpahan wewenang untuk melakukan tindakan medis, dan dalam rangka program pemerintah, baik sifatnya delegatif maupun mandate secara tertulis, serta sebagai pelaksana tugas dalam keadaan keterbatasan tertentu berdasarkan penugasan pemerintah,” ungkap Profesor Aziz.