bkkbn-jatim-laksanakan-pelayanan-kb-serentak-2023
Surabaya Kota, Jatim – Dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia, Perwakilan BKKBN Jatim berkolaborasi dengan TNI dan mitra kerja Jawa Timur melaksanakan Pelayanan KB Serentak selama sepekan mulai tanggal 26 September hingga 4 Oktober 2023. Pekan pelayanan tersebut dilaksanakan di seluruh Fasyankes Pemerintah, Fasyankes Swasta dan Fasyankes TNI Polri yang ada di Jawa Timur.bkkbn-jatim-laksanakan-pelayanan-kb-serentak-2023

Pekan Pelayanan KB yang mengambil tema “Kolaborasi Pelayanan KB Nusantara dalam Percepatan Penurunan Stunting” ini dilaksanakan serentak di seluruh Provinsi di Indonesia dan dicanangkan pada Selasa (26/09/23) oleh Kepala BKKBN, Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) di Auditorium BKKBN bersama Wakil Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Waaster Kasad) Brigadir Jenderal Taufik Sobri.

Berdasarkan SDKI, Angka unmetneed di Indonesia masih tinggi yaitu 16.8% dari target nasional sebesar 8% pada tahun 2022. Penggunaan kontrasepsi modern (Modern Contraceptive Prevalence Rate/mCPR) juga menurun dari 57,9 persen menjadi 57,2 persen. Penurunan tertinggi terjadi pada segmen usia 15 hingga 29 tahun yang merosot hingga 4%.

Direktur Bina Kualitas Pelayanan KB BKKBN, Martin Suanta menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan cakupan kesertaan KB modern terutama MKJP. “Target pelayanan kita dalam Pekan Pelayanan KB sebanyak 1,5 juta akseptor yang akan dilaksanakan di seluruh Indonesia,”

Sementara itu, Waaster Kasad, Brigadir Jenderal TNI Taufik Sobri mengutarakan, peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan keluarga berencana.